Aesthetic Insight

6 Jenis Suntik Filler Favorit para Wanita Indonesia

20 Jan 2023
6 Jenis Suntik Filler Favorit para Wanita Indonesia Suntik Filler Mempercantik Penampilan

Suntikan filler biasanya digunakan untuk memperbaiki masalah wajah, mulai dari menghilangkan bekas jerawat dan kerutan hingga mengecilkan bentuk garis rahang. Ada beberapa jenis filler berbeda yang dapat Anda pilih dan sesuaikan dengan tujuan injeksi ini.

Selain untuk memperbaiki masalah kulit wajah, filler juga bisa digunakan untuk menambah volume bibir. Dalam metode ini, cairan tertentu disuntikkan ke wajah yang bermasalah. Itu sebabnya prosedur ini sering disebut sebagai pengisian.

Ada berbagai jenis filler, dan setiap jenis mengandung bahan yang berbeda dan dapat menghasilkan efek yang berbeda. Di bawah ini adalah beberapa filler yang umum digunakan:

Asam hialuronat

Asam hialuronat adalah komponen alami kulit yang berkurang seiring bertambahnya usia. Dalam prosedur pengisi, asam hialuronat tersedia dalam bentuk alami dan sintetis. Filler asam hialuronat jenis ini memiliki beberapa khasiat, yaitu:

  • Jarang menimbulkan reaksi alergi
  • Memiliki bentuk seperti gel dengan tekstur sedikit lebih kental
  • Suntikan diberikan di sudut kanan atau kiri mulut dan bibir, atau untuk mengisi ruang di bawah mata untuk mengatasi kerutan di bawah mata, atau filler hidung untuk memperbaiki penampilan hidung
  • Jika hasilnya tidak seperti yang diharapkan, bahan ini dapat dinetralkan dengan menyuntikkan enzim hyaluronidase
  • Bisa berfungsi dalam 6-12 bulan

Kolagen bovine

Kolagen adalah salah satu jenis filler yang dianggap terbaik dari semua jenis filler. Penyuntikan harus dilakukan 2-4 kali setahun karena penipisan kolagen dalam tubuh. Secara alami terdegradasi. Ada juga kolagen yang terbuat dari sel manusia.

Kolagen jenis ini jarang menimbulkan reaksi alergi dibandingkan dengan kolagen sapi, sehingga tes alergi sebelumnya tidak diperlukan. Injeksi filler harus diulang setiap 3-6 bulan. Kolagen manusia dikenal lebih mahal daripada jenis kolagen lainnya.

Lemak tubuh (fat grafting)

Prosedur ini dilakukan dengan sedikit jaringan lemak yang diambil dari bagian tubuh, seperti perut, paha, atau bokong. Selain itu, jaringan lemak terlebih dahulu dirawat dan disiapkan lalu disuntikkan di bawah kulit wajah.  Reaksi alergi diketahui minim karena bahan yang disuntikkan berasal dari dalam tubuh. Hasilnya bisa permanen, meski bervariasi dari orang ke orang. Dibutuhkan lebih dari satu pengisian untuk melihat hasilnya.

Polimer buatan

Jenis pengisi lainnya adalah polimer sintetik. Pengisi ini diketahui bisa bertahan hingga dua tahun. Setelah disuntikkan, bahan polimer merangsang sel-sel kulit untuk memproduksi kolagen.

Jenis polimer poli-L-laktida (PLLA) banyak digunakan dalam prosedur medis dan tidak beracun. Ada juga polymethyl methacrylate (PMMA) yang digunakan sebagai perekat pada operasi tulang sebelum digunakan sebagai obat suntik.

Hidroksiapatit kalsium

Jenis pengisian kalsium hidroksiapatit ini dapat bertahan hingga satu tahun. Filler jenis ini biasanya digunakan untuk mengisi area yang membutuhkan suntikan besar, seperti  bagian pipi dan dagu.

Kalsium hidroksiapatit terbuat dari mineral yang dapat memperkuat tulang. Mineral-mineral ini dibuat menjadi partikel-partikel kecil dan dilarutkan dalam cairan lalu disuntikkan ke pasien.

Jaringan halus permanen

Filler jenis ini sering digunakan untuk menghaluskan kerutan di sekitar mulut. Filler yang menggunakan jaringan lunak diketahui tidak membutuhkan suntikan berulang karena mudah diserap tubuh.

Pengisi elastis jenis ini membuat kulit kencang dan halus serta membuat penggunanya terlihat lebih muda. Namun, keefektifan filler tergantung pada kualitas filler yang digunakan, area wajah yang dirawat, dan bagaimana tubuh orang tersebut merespons filler.

Pengisian biasanya memakan waktu 60 menit. Pertama, anestesi lokal disuntikkan ke kulit. Dokter kemudian menyuntikkan filler di bawah permukaan kulit atau ke bagian tubuh yang akan dirawat. Beberapa suntikan pengisi harus diberikan secara terpisah beberapa kali.

Cara Meminimalkan Efek Samping Suntik Filler

Untuk meminimalkan potensi risikonya, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum mencoba prosedur ini, yaitu pastikan Anda melakukan filler di klinik kecantikan atau rumah sakit resmi. Miracle Clinic menjadi salah satu pilihan utama. Pertimbangkan kelayakan dan kebersihan lokasi, serta keamanan alat yang digunakan sebelum memutuskan melakukan prosedur ini.






Academy | Career | Legal | News | Privacy Policy

Miracle Aesthetic Clinic © 2024 All Rights Reserved