Aesthetic Insight

Apa itu Filler? Yuk, Lihat Manfaatnya!

23 Mar 2023
Apa itu Filler? Yuk, Lihat Manfaatnya! Filler Treatment sebagai Solusi Pembentukan Wajah

Para wanita tentunya pernah mendengar istilah filler dalam dunia kecantikan. Namun, sudah tahukah Anda pengertian dan serba serbi tentang Filler? Sebelum menggunakan metode kecantikan ini sebaiknya simak dulu penjelasan tentang Filler berikut ini!

Apa Itu Filler?

Filler adalah prosedur kosmetik di mana bahan sintetis atau alami disuntikkan ke garis, kerutan, dan jaringan wajah. Prosedur ini bertujuan untuk mengurangi munculnya kerutan dan mengembalikan vitalitas wajah yang menurun seiring bertambahnya usia.

Suntikan ini juga dikenal sebagai pengisi kulit, pengisi kerut, dan pengisi jaringan lunak. Filler memiliki berbagai fungsi, antara lain menghilangkan garis senyum, memperbaiki bekas jerawat, mengisi celah di sekitar pipi, hidung dan bibir, serta membentuk wajah.

Sebagian besar bahan pengisi diserap ke dalam kulit dan hasilnya dapat bertahan dari bulan hingga tahun, tergantung pada produk yang digunakan.

Kandungan pada Filler

Filler memakai asam hyaluronat yg masih ada pada pada jaringan kulit. Senyawa ini berfungsi menjadi bahan pelembab alami kulit lantaran mempunyai daya ikat yang tinggi terhadap air serta kolagen & serat elastin. Sehingga bisa menambah elastisitas kulit dan membuat kulit lebih kenyal. Selain itu, bisa mengatasi kasus-kasus yang muncul karena dampak proses penuaan kulit.

Solusi untuk Permasalahan Kulit

Wanita tentu ingin tampil percaya diri dengan kulitnya. Semua permasalahan pasti ada solusi. Berikut solusi permasalahan kulit Anda.

  • Menyembunyikan kerutan halus dan kerutan dalam di dahi.
  •  Menyembunyikan kerutan di sekitar mata dan mulut.
  •  Menyembunyikan lipatan nasolabial.
  • Membentuk bibir.
  • Membentuk wajah (hidung mancung atau dagu panjang).
  • Menghilangkan jerawat akibat stres, cacar air, dll.
  • Memperbaiki kulit kering/dehidrasi.

Manfaat dari Filler

Filler membantu mengatasi berbagai masalah terkait penuaan wajah dan memiliki berbagai manfaat seperti:

  • Menambah volume dan menghaluskan garis-garis halus dari hidung ke mulut.
  • Menambah volume pada pipi, menonjolkan bentuk dan penampilan muda.
  • Menebalkan bibir tipis dan menghaluskan garis vertikal di sudut bibir.
  • Untuk menyembunyikan bekas luka akibat jerawat dan cacar air.

Proses Perawatan Filler

Dermal filler dilakukan oleh dokter ahli kulit (dermatolog), dokter bedah kecantikan, atau terapis kecantikan yang kompeten dan mempunyai sertifikat pakar pada melakukan dermal filler. Perawatan akan berlangsung kurang lebih 30 menit. Hasil perawatan bisa bertahan kurang lebih 6-12 bulan.

Dokter akan mensterilkan area kulit yang dirawat. Jika perlu, diberikan anestesi lokal buat mengurangi ketidaknyamanan ketika perawatan berlangsung. Prosedur dermal filler dilakukan menggunakan cara menyuntikkan cairan (misalnya asam hialuronat, kolagen, atau silikon) ke bawah bagian atas kulit.

Setelah mekanisme selesai, dokter akan menaruh salep antibiotik buat dioleskan dalam area bekas suntikan filler. Jika diperlukan, dokter akan menaruh obat anti nyeri.

Anda tidak diperbolehkan menyentuh & memencet area muka yang baru saja disuntik sehabis perawatan. Anda juga tidak boleh memakai riasan (make-up) selama beberapa hari sehabis perawatan. Hal ini dilakukan buat menghindari risiko perpindahan filler yang sudah disuntikkan.

Selain itu, Anda perlu memakai tabir surya setiap ingin beraktivitas pada luar ruangan buat membantu melindungi kulit dari sinar agar tidak terjadi pembengkakan dampak suntikan.

Jenis Treatment filler

Di antara sekian banyak bahan yang digunakan, beberapa jenis filler berikut ini paling populer di kalangan wanita.

Hyaluronic Acid

dapat merangsang produksi kolagen alami tubuh. Manfaat yang diperoleh adalah melembabkan kulit, mencegah pori-pori tersumbat oleh minyak, serta menyembunyikan garis halus dan kerutan pada kulit wajah.

Collagen

merupakan salah satu jenis filler yang lebih unggul dari filler lainnya. Kolagen cair yang digunakan dalam suntikan pengisi biasanya diekstraksi dari kolagen sapi. Namun, ada dua jenis kolagen yang berasal dari sel manusia, sehingga tidak perlu melakukan tes alergi seperti pada kolagen sapi.

Silikon

Saat cairan ini diinfuskan, sistem kekebalan tubuh merespons dengan melapisinya dengan kolagen alami tubuh. Lapisan kolagen inilah yang menebalkan kulit, dan hasilnya bisa bertahan seumur hidup. Jenis cairan silikon yang umum digunakan adalah verafil, radiesse, sculptra dan silikon.

Sayangnya, filler jenis ini masih menjadi kontroversi. Hal ini dikarenakan efek samping yang jarang terjadi bersifat permanen. Efek samping yang mungkin terjadi setelah pengaplikasian filler silikon adalah munculnya benjolan di bawah kulit hingga terbentuknya granuloma.

Tips Sebelum Suntik Filler

Untuk menghindari efek samping yang bisa berbahaya, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan melakukan suntik filler wajah, yaitu:

  • Pastikan Anda memilih klinik yang terpercaya. Hal pertama yang perlu diperhatikan saat mendapatkan filler adalah memastikan bahwa klinik yang Anda pilih dapat dipercaya dan terdaftar. Misalnya, Anda memilih klinik kecantikan atau rumah sakit. Hindari pemberian suntikan ini tanpa pengawasan medis.
  • Pastikan prosedur dilakukan oleh ahlinya. Pastikan juga prosedurnya dilakukan oleh dokter kulit atau cosmetologist yang berpengalaman di bidangnya. Jika memungkinkan, carilah ahli bersertifikat.
  • Jangan memilih filler secara acak. Sangat mudah untuk menemukan filler yang berbeda di pasaran. Namun, Anda harus berhati-hati karena beberapa pilihan dapat menimbulkan efek samping yang serius pada kulit. Itu sebabnya Anda memerlukan saran ahli sebelum mendapatkan filler wajah.
  • Pastikan Anda mengetahui efek sampingnya. Anda dapat menanyakan kepada dokter Anda efek samping apa yang dapat terjadi dengan filler yang telah Anda pilih.

Klinik Kecantikan Terbaik untuk Filler

Untuk mendapatkan perawatan kulit berupa filler yang terbaik, Anda dapat datang ke klinik kecantikan yang terbaik yaitu, Miracle. Konsultasikanlah masalah kulitmu dan nikmati perawatan serta solusi terbaik dari Miracle Clinic.




Tags:


Academy | Career | Legal | News | Privacy Policy

Miracle Aesthetic Clinic © 2024 All Rights Reserved