Aesthetic Insight

Kapan Waktu Terbaik untuk Melakukan Botox? Panduan untuk Setiap Usia

10 May 2023
Kapan Waktu Terbaik untuk Melakukan Botox? Panduan untuk Setiap Usia Miracle Botulinum Toxin

Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk melakukan suntikan Botox tetapi tidak yakin kapan waktu yang tepat? Banyak orang bertanya-tanya apakah mereka terlalu muda, terlalu tua, atau apakah ada usia yang optimal untuk melakukan Botox.

Botox telah menjadi prosedur kosmetik yang semakin populer, dengan jutaan orang memilih mendapatkan suntikan untuk mengurangi keriput dan garis-garis halus. Namun, keputusan untuk melakukan Botox tidak boleh dianggap enteng. Sangat penting untuk memahami kapan waktu terbaik untuk mendapatkan suntikan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Usia optimal untuk mulai mendapatkan suntikan Botox adalah topik perdebatan, dan tidak ada jawaban yang tepat untuk semua orang. Hal ini tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis kulit, gaya hidup, dan genetika Anda. Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui waktu terbaik untuk melakukan Botox berdasarkan usia Anda, untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat tentang prosedur ini.

Pada Usia 20-an

Pada usia 20-an, kulit Anda masih muda dan elastis. Ini adalah waktu yang tepat untuk memulai tindakan pencegahan untuk menjaganya tetap seperti itu. Botox dapat membantu mencegah terbentuknya keriput dengan mengendurkan otot-otot yang menyebabkannya. Memulai perawatan Botox di usia 20-an dapat membantu mencegah kerutan yang terbentuk sejak awal, dengan kata lain digunakan untuk tujuan pencegahan.

Pada tahap ini, kerutan dianggap sebagai "tahap pertama", yang berarti kerutan muncul saat Anda membuat wajah marah atau mengerutkan alis, dan hanya bertahan sebentar sebelum benar-benar menghilang

Pada Usia 30-an

Setelah Anda mencapai usia 30-an, Anda mungkin mulai melihat tanda-tanda awal penuaan, seperti garis-garis halus dan kerutan di sekitar mata dan dahi. Ini adalah saat yang tepat untuk mulai mempertimbangkan Botox untuk mencegah garis-garis ini menjadi lebih jelas. Perawatan Botox secara teratur juga dapat membantu mempertahankan penampilan yang lebih muda.

Dr. Treasure salah satu pendiri Peachy, sebuah studio suntik di New York, menyatakan bahwa pasien biasanya datang pada usia akhir 20-an hingga awal 30-an. Pada masa ini, produksi alami kolagen dan elastin melambat, menyebabkan kerutan dinamis menjadi garis-garis statis atau "tahap dua". Kerutan tahap satu hanya muncul ketika wajah bergerak, sedangkan kerutan tahap dua selalu ada. Dr. Farhang mencatat bahwa orang biasanya mulai menyadari adanya garis-garis halus di usia 30-an.

Menurutnya, jumlah Botox yang diberikan umumnya berkorelasi dengan usia. Dia mencatat bahwa individu berusia 20-an atau 30-an biasanya menerima 25 hingga 35 unit, yang disebut sebagai 'Baby Botox,' dengan dosis yang meningkat dari sana.

Jumlah Botox yang diberikan dipengaruhi oleh kekuatan otot di area yang ditargetkan, yang mungkin membutuhkan lebih banyak unit untuk mereka yang memiliki alis yang lebih kuat. Secara keseluruhan, jumlah unit yang diterima berkorelasi dengan durasi efek injeksi.

Pada Usia 40-an

Pada usia 40-an, Anda mungkin memiliki kerutan dan garis-garis yang lebih dalam yang semakin terlihat. Botox masih efektif untuk mengurangi tampilan kerutan ini, tetapi mungkin perlu waktu lebih lama untuk melihat hasilnya. Perawatan rutin dapat membantu mempertahankan penampilan yang lebih muda.

Menurut Dr. Sunder seorang ahli bedah plastik bersertifikat yang berbasis di Los Angeles, ketika kerutan telah melekat dengan kuat ke kulit, menyebabkan riasan terperangkap di dalamnya, maka hal ini dianggap sebagai "tahap tiga". Botox kemudian digunakan lebih sebagai perawatan daripada tindakan pencegahan, dan dapat membantu mengurangi tampilan garis-garis yang ada, tetapi tidak dapat sepenuhnya menghilangkannya.

Dr. Sunder menjelaskan bahwa individu dengan garis-garis tahap tiga mungkin akan melihat kembalinya garis-garis mereka lebih cepat seiring dengan berkurangnya efek Botox. Hal ini karena garis-garis tersebut lebih dalam dan lebih jelas, membuatnya lebih terlihat bahkan ketika Botox masih ada.

Pada Usia 50-an dan Lebih dari Itu

Jika Anda berusia 50-an atau lebih, Anda mungkin bertanya-tanya apakah sudah terlambat untuk melakukan Botox. Kabar baiknya adalah tidak ada kata terlambat untuk memulai. Meskipun Botox mungkin tidak seefektif dalam mengurangi munculnya kerutan yang dalam, Botox masih dapat membantu menghaluskan garis-garis halus dan memberikan penampilan yang lebih muda.

Menurut Dr. Sunder, ketika kerutan mencapai tahap empat dan menjadi garis yang terukir dalam, Botox tidak terlalu efektif. Botox dapat mencegah garis-garis tersebut menjadi lebih dalam dengan melembutkan gerakan otot, tetapi tidak dapat secara signifikan membalikkan garis-garis yang telah terbentuk.

Menurut Dr. Sunder, untuk mengurangi garis-garis kerutan secara efektif, Botox harus dikombinasikan dengan perawatan tambahan seperti laser, microneedling, atau pengelupasan kulit yang intens. Botox dapat mencegah garis-garis kerutan semakin dalam, tetapi perawatan tambahan diperlukan untuk menghilangkannya secara total.


Kesimpulannya, waktu terbaik untuk mulai melakukan Botox berbeda untuk setiap orang. Namun, memulai sejak dini di usia 20-an atau 30-an dapat membantu mencegah terbentuknya kerutan. Jika Anda berusia 40-an atau lebih tua, Botox masih efektif untuk mengurangi munculnya kerutan dan mempertahankan penampilan yang lebih muda. Bicaralah dengan profesional yang berkualifikasi untuk menentukan tindakan terbaik bagi Anda.







Academy | Career | Legal | News | Privacy Policy

Miracle Aesthetic Clinic © 2024 All Rights Reserved