Aesthetic Insight

Inilah Perbedaan Antara Tanam Benang dan Tarik Benang

13 Feb 2023
Inilah Perbedaan Antara Tanam Benang dan Tarik Benang Miracle Thread Lift Treatment

Dengan perkembangan teknologi semakin berkembang, hal itu juga turut berkontribusi pada dunia kecantikan. Hal itu pun membuat para perempuan memiliki banyak pilihan untuk melakukan perawatan kecantikan kulit wajah.

Jika istilah tanam benang tidak asing bagi dunia kecantikan, sekarang ini ada sesuatu yang baru yaitu tarik benang (thread lift). Lalu, apa yang menjadi perbedaan antara keduanya?

Meskipun sama-sama menggunakan ‘benang’, tanam benang dan tarik benang memiliki manfaat dan jenis benang yang berbeda. Diambil dari berbagai sumber, tanam benam merupakan salah satu metode untuk perawatan peremajaan kulit, sementara tarik benang merupakan metode yang dapat meniruskan wajah. Namun bukan hanya itu, karena masih banyak lagi perbedaan antara tanam benang dan tarik benang.

Apa Bedanya Tanam Benang dan Tarik Benang?

Sebelum membahas perbedaan secara mendetail, kesamaan dari perawatan tanam benang dan tarik benang adalah prosedur yang memasukkan benang ke bawah jaringan kulit. Tujuannya sendiri adalah memperbaiki kolagen yang dapat mengencangkan kulit pada bagian wajah sesuai keinginan.

Akan tetapi, meskipun tanam benang dan tarik benang adalah metode kecantikan kulit dengan menggunakan benang khusus, ada sejumlah perbedaan dari berbagai hal. Berikut adalah selengkapnya dari perbedaan tanam benang dan tarik benang:

           Jenis Benang

Pertama, dalam proses tanam benang, dokter menggunakan jenis benang polos yang kemudian ditanamkan di bagian bawah kulit. Kemudian sekitar benang menimbulkan pembentukan jaringan fibrinogen dan juga membentuk kolagen.

Di sisi lain, saat melakukan perawatan tarik benang, dokter menggunakan jenis benang bergerigi. Tujuan dari benang tersebut adalah agar dapat menarik kulit kendur ke arah atas yang tentunya membuat bagian yang ditarik menjadi tampak tirus.

Fungsi

Kedua, perbedaan tanam benang dan tarik benang adalah dari segi fungsi. Untuk tanam benang, fungsinya adalah meremajakan kulit dengan pembentukan kolagen baru. Di sisi lain, fungsi dari tarik benang adalah untuk memberikan kontur pada bagian wajah sesuai keinginan. Dengan demikian, sebelum melakukan perawatan tanam benang atau tarik benang, Anda perlu menyesuaikan dengan fungsi masing-masing.

Daya Tahan

Perbedaan antara tanam benang dan tarik benang yang ketiga adalah terkait daya tahan. Dalam perawatan tanam benang, daya tahannya sekitar 2-3 tahun. Sementara itu daya tahan tarik benang antara 3-5 tahun. Dengan demikian, maka efek tarik benang lebih cepat tapi biayanya pun lebih mahal dan memiliki masalah pemulihan yang jauh lebih lama dibanding tanam benang.

Hasil

Perbedaan berikutnya dari tanam benang dan tarik benang adalah terkait hasil. Akan tetapi itu pun dipengaruhi oleh beberapa hal seperti jenis benang, ukuran benang, jumlah benang, teknik yang digunakan oleh dokter, bentuk wajah, hingga kondisi kulit pasien. Dengan demikian, sebelum melakukan perawatan tanam benang dan tarik benang, Anda wajib berkonsultasi dengan dokter di bidangnya yang sudah berpengalaman.

Kesimpulan Perbedaan Tanam Benang dan Tarik Benang

Setelah membahas secara detail terkait perbedaan tanam benang dan tarik benang, sampailah kita pada kesimpulan. Jika melihat detail-detail sebelumnya, maka bagi Anda yang ingin memiliki wajah tirus tanpa melakukan operasi, tarik benang menjadi solusi karena sejumlah keuntungan.

Sebagai contoh, keuntungan-keuntungan dari tarik benang yaitu harga yang lebih murah dan risiko yang minim jika dibandingkan dengan tindakan operasi.

Sedangkan jika memiliki tujuan untuk meremajakan kulit karena tanda-tanda penuaan, tanam benang adalah solusi yang tepat. Akan tetapi sebelum melakukan tanam benang maupun tarik benang, Anda wajib berkonsultasi dengan dokter agar dapat menyesuaikan kondisi dan kebutuhan kulit.






Academy | Career | Legal | News | Privacy Policy

Miracle Aesthetic Clinic © 2024 All Rights Reserved